Ajaran Islam -dari segi tema- terbagi menjadi tiga : Akidah, Fiqih, dan Akhlak.

Sedangkan, dari segi asli atau tidaknya, ajaran Islam terbagi menjadi dua :

1) Sunnah, artinya ajaran asli yang diajarkan oleh Rasulullah, diterima oleh para Sahabat dan dilestarikan oleh para Tabi’in dan pengikut setianya.

Beberapa ciri-ciri Sunnah atau ajaran Asli :
a) Ada dalilnya di dalam Al-Qur’an atau Hadits
b)¬†Dilakukan dan dilestarikan oleh tiga generasi utama dalam umat Islam, yaitu : para Sahabat, pata Tabi’in, dan para Tabi’i Tabi’in
c) Dibukukan di dalam kitab-kitab para Imam Mujtahid

2) Bid’ah, artinya ajaran palsu yang Rasulullah sama sekali tidak mengajarkannya, para Sahabat sama sekali tidak menerimanya dari Rasulullah, dan para Tabi’in serta pengikut setianya sama sekali tidak menjalankannya.

Ciri-ciri Bid’ah atau ajaran Palsu :
a) Tidak ada dalilnya di dalam Al-Qur’an atau di dalam Hadits
b) Biasanya terjadi pemaksaan dalil untuk membenarkan ajaran Palsu. Makna ayat dan hadits dipaksakan sama dengan teori ajaran palsu, padahal sebenarnya tidak sama, bahkan tidak nyambung.
c) Tidak dilakukan dan tidak dilestarikan oleh tiga generasi utama umat Islam, yaitu : para Sahabat, para Tabi’in, dan para Tabi’i Tabi’in.
c) Sama sekali tidak dibukukan oleh para Imam Mujtahid.

Jenis-jenis Bid’ah

Karena tema ajaran Islam ada tiga, yaitu :Akidah, Fiqih, dan Akhlak; maka Bid’ah atau ajaran Palsu terbagi menjadi tiga kelompok :

1) Bid’ah Akidah atau Ajaran Palsu dalam Masalah Akidah.
Contoh :
a) Bid’ahnya Aliran Ahmadiyyah dalam keyakinan mereka bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah Nabi agama Islam setelah Nabi Muhammad. Tentu, ajaran Akidah ini adalah ajaran Palsu, karena ciri-ciri yang saya sebutkan di atas ada di dalam akidah ini.

Akidah Ahmadiyyah adalah Bid’ah. Dan penisbatan Akidah ini ke dalam Ajaran Islam adalah BATIL.

2) Bid’ah Fiqih atau Ajaran Palsu dalam Masalah Fiqih.
Contoh :

Bid’ah Adzan yang dilakukan Madzhab Ja’fariyyah (Syi’ah). Dalam Adzan versi mereka, mereka menambahi kalimat “Asyahdu Anna ‘Aliyyan Waliyyullah” setelah Syahadatain. Anda bisa melihat Adzan mereka di dalam You Tube. Tafadhdhol.

Adzan mereka ini jelas ajaran Palsu, karena ciri-ciri yang saya sebutkan di atas ada di dalam masalah adzan ini. Adzan mereka adalah Bid’ah. Dan penisbatan adzan ini ke dalam ajaran Islam adalah BATIL.

3) Bid’ah Akhlak atau Ajaran Palsu dalam Masalah Akhlak.
Maaf, sampai detik ini, saya belum ingat Ajaran Palsu dalam masalah Akhlak.

Wallahu A’lam ^__^